3 Tips agar Pohon Bidara Cepat Berbuah

Pohon bidara dikenal sebagai tanaman yang mempunyai banyak khasiat. Bagian yang banyak dimanfaatkan dari tanaman ini yaitu daunnya. Daun bidara bisa diolah menjadi minuman yang menyerupai teh. Minuman daun bidara ini diklaim memiliki khasiat sebagai obat. Anda bisa meminumnya setiap hari untuk melawan penyakit diabetes, darah tinggi, tumor, dan kanker. Selain itu, daun bidara ini juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih.

Sebenarnya pohon bidara bisa menghasilkan buah. Buah bidara ini memiliki rasa yang sangat unik. Kurang lebih rasanya mirip seperti perpaduan antara buah apel dan buah jambu, tetapi agak sepat. Anda harus mencobanya. Sayangnya jarang sekali buah bidara ini dijual di pasar. Mungkin karena masih asing di telinga masyarakat sehingga buah bidara sepi peminatnya. Mau tak mau Anda harus menanam pohon bidara sendiri kalau ingin merasakan buahnya.

agar-bidara-rajin-berbuah.jpg

Setelah Anda berhasil menanam bidara, langkah selanjutnya adalah merangsang tanaman ini agar menghasilkan buah. Adapun caranya yaitu :

  1. Pangkaslah Tanaman secara Berkala

Anda perlu melakukan pemangkasan terhadap cabang-cabang tanaman bidara secara berkala. Cabang tanaman yang perlu dipangkas yakni cabang yang kondisinya sudah terlalu tua, cabang yang terserang penyakit, cabang-cabang mati, dan cabang yang lambat pertumbuhannya. Gunakan gunting yang tajam untuk memangkas cabang ini. Nantinya dari bekas pemangkasan ini akan tumbuh cabang baru lagi yang mempunyai tingkat produktivitas lebih baik.

  1. Berikan Pupuk dengan Dosis yang Tepat

Pohon bidara membutuhkan pupuk sebagai bahan baku untuk menghasilkan bunga dan buah. Kandungan nutrisi di dalam pupuk tersebut lantas akan diolah oleh jaringan tumbuhan. Dari sinilah  tumbuh bunga hingga akhirnya berkembang menjadi buah. Jadi bila Anda ingin pohon bidara dimiliki bisa menghasilkan buah, Anda tidak boleh lupa memberikan pupuk kepadanya. Berikan pupuk kandang sebulan sekali dan pupuk NPK untuk membuat pertumbuhannya semakin subur.

  1. Pastikan Tanaman Mendapat Cahaya Penuh

Bidara merupakan salah satu tanaman yang secara alami tumbuh di lingkungan gurun. Jadi tanaman ini sangat menyukai sinar matahari. Pertumbuhan optimalnya akan terjadi manakala tanaman ini diletakkan di tempat yang terbuka sehingga membuat bidara bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh. Pohon bidara yang tumbuh di tempat terbuka akan memiliki pertumbuhan yang lebih baik daripada tanaman yang ada di tempat teduh. Tanaman tersebut juga akan rajin berbuah.