3 Cara Merawat Pohon Tin agar Cepat Berbuah

Pohon tin memang bukan berasal dari Indonesia. Tanaman suci ini berasal dari kawasan Timur Tengah. Namun kenyataannya adalah pohon tin bisa tumbuh subur di negara kita dan mampu menghasilkan buah. Hal ini tidak terlepas dari kondisi tanah di Indonesia yang memang sangat subur. Bahkan tingkat kesuburan tanah di sini jauh lebih baik daripada tanah di Timur Tengah. Dengan memberikan perlakukan tertentu, bibit tin akhirnya bisa ditanam.

Tidak usah bingung di mana Anda bisa membeli pohon tin. Kami dari www.tokotanaman.com menjual benih dan bibit tanaman tin. Jenis tin yang kami miliki juga sangat beraneka ragam. Anda bisa mengeceknya langsung di website kami. Tanaman tin ini sebenarnya termasuk salah satu tumbuhan yang mudah sekali ditanam. Cara pemeliharaannya pun tidak terlalu rumit. Dengan perawatan yang tepat, pohon tin milik Anda akan tumbuh sempurna.

agar-tin-cepat-berbuah.jpg

Anda harus mau merawat tanaman tin supaya tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah tin yang Anda idam-idamkan. Lantas, bagaimana sih caranya?

  1. Rutin Melakukan Pemangkasan

Rahasia supaya pohon tin cepat berbuah dan mampu menghasilkan buah yang banyak adalah Anda harus melakukan pemangkasan. Proses pemangkasan ini bertujuan untuk menghilangkan bagian-bagian tanaman yang sudah tua, rusak, dan kondisinya tidak bagus serta merangsang pertumbuhan tunas-tunas baru yang lebih produktif. Dari sinilah bakal bunga akan tumbuh, kemudian sedikit demi sedikit berkembang menjadi buah tin. Kami sudah pernah memberikan panduan memangkas pohon tin di sini.

  1. Berikan Pupuk Secara Tepat

Pupuk merupakan makanannya tumbuh-tumbuhan. Anda wajib memberikan pupuk supaya tanaman tin bisa tetap hidup dan tumbuh dengan baik. Pupuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Nutrisi inilah yang selanjutnya akan digunakan oleh tanaman sebagai bahan baku pembentukan bunga dan buah. Untuk memberi penjelasan secara lengkap, kami akan mengupas pemupukan tanaman tin ini di artikel khusus yang akan datang.

  1. Jaga Kondisi Kesehatan Tanaman

Hanya tanaman tin sehat yang mampu menghasilkan tumbuh dengan baik kemudian menghasilkan buah. Sedangkan pohon tin yang terkena penyakit pasti akan terganggu pertumbuhannya. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kesehatan pohon tersebut kalau ingin cepat menghasilkan buah. Caranya dapat dilakukan dengan memastikannya bebas dari gangguan hama dan penyakit. Segera lakukan pengendalian apabila pohon tin menunjukkan gejala-gejala awal terserang hama/penyakit.